Sabtu, 09 April 2016

Bermain video game ternyata bisa tingkatkan risiko bunuh diri

Bermain video game ternyata bisa tingkatkan risiko bunuh diri
Pada tahun 2012 WHO merilis data yang menyatakan bahwa bunuh diri merupakan penyebab nomor dua bagi kematian pada usia 15 hingga 29. Pada usia yang masih muda tersebut ternyata banyak orang memilih untuk mengakhiri hidup mereka sendiri. Pada rentang usia tersebut terutama di masa kuliah ternyata ada satu faktor tidak terduga yang dapat meningkatkan risiko bunuh diri seseorang, yaitu bermain video game terutama yang memiliki genre action. Game HD Android

Dilansir dari Medical Daily, penelitian berjudul Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tersebut bertujuan untuk melihat hubungan antara bermain video game serta peningkatan potensi bunuh diri yang terdapat pada seseorang.Partisipan pada penelitian tersebut merupakan 228 mahasiswa yang rutin bermain video game setiap minggu.

Setiap partisipan dari penelitian tersebut diberi sebuah kuisioner untuk mengetahui waktu yang mereka habiskan untuk bermain jenis game, serta riwayat masalah psikologis yang mereka miliki. Digunakan juga skala buatan peneliti untuk melihat potensi bunuh diri seseorang.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kebiasaan bermain video game dengan kategori action ternyata dapat meningkatkan potensi bunuh diri yang dimiliki seseorang. Terdapat hubungan yang signifikan pula antara kategori game yang dimainkan serta lama waktu seseorang bermain game tersebut. Permainan yang termasuk dalam kategori action atara lain adalah permainan first person shooter, horor, pertarungan, olahraga, serta permainan yang banyak melibatkan tindakan fisik.

Selain meningkatnya potensi seseorang untuk melakukan bunuh diri, tindakan ini juga membuat seseorang menjadi memiliki perilaku yang lebih kasar dan penuh kekerasan. Selain itu permainan itu juga akan lebih berbahaya lagi jika terdapat adegan bunuh diri di dalamnya.

Jadi mulai saat ini sebaiknya pilih kategori game yang kamu mainkan dengan bijak karen ternyata beberapa permainan tertentu dapat berakibat buruk pada kondisi psikologis.

Bermain video game ternyata bisa tingkatkan risiko bunuh diri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Gina Nurhidayati

0 komentar:

Poskan Komentar